Negara di benua Asia & Australia

5 Negara yang berada di Benua Asia

  1. Republik Korea selatan

Negara korea selatan mempunyai nama korea Daehan Minguk ( hangul : 대한민국 ) atau dalam bahasa inggris Republic of Korea/ROK  adalah sebuah negara di Asia Timur yang meliputi bagian selatan Semenanjung Korea. Berikut adalah data tentang Negara yang terkenal  sebagai Negri Gingseng. Data tersebut meliputi :

  •   Bentuk pemerintahan   : Presidensial Terpusat
  •   Kepala Negara                  : Presiden
  •   Kepala Pemerintahan    : Perdana Menteri
  •   Ibu kota                               : Seoul (서울).
  •   Lagu kebangsaan             : Aegukga (애국가)
  •   Moto                                     :  널리 인간세상을 이롭게 하라 (홍익인간)
  •                                                 Bawalah keuntungan kepada seluruh rakyat
  •   Mata Uang                       : Won
  •   Kota-kota penting       : Busan, Daegu, Incheon, Gwangju, Daejeon, Ulsan

1. Kenampakan alam utama

Hampir 70% daerah di Korea merupakan pegunungan, perbukitan , dan dataran tinggi. Dataran tinggi yang terkenal adalah Gaemagowon yang disebut “Roof of Korea” yang terletak di daerah sudut barat laut Korea . Pegunungan yang agak rendah dapat ditemukan di daerah selatan sedangkan daerah pegunungan yang lebih tinggi terdapat di daerah timur dan utara. Dataran rendah dan perairan sungai kebanyakan terletak di daerah barat dan selatan. Pegunungan-pegunungan tinggi terletak sepanjang jalur pegunungan Taebaek yang terbentang dari utara menuju pantai timur Korea . Beberapa gunung tinggi di jalur pegunungan Taebaek antara lain Nangnimsan (2.014 m), Geumgangsan (1.638 m), Seoraksan (1.708 m), dan Taebaeksan (1.567 m). Ada juga jalur pegunungan Sobaek yang didalamnya terdapat gunung Jirisan (1.915 m).

  •    Letak Astronomi : 33˚06’40” LU sampai 43˚00’39” LU dan 124˚11’00” BT sampai 131˚52’42” BT
  •    Luas Wilayah : 99.274 km2
  •    Batas – batas wilayah :
  1. Sebelah Utara berbatasan dengan     : Korea Utara & RRC
  2. Sebelah Selatan berbatasan dengan : Selat Korea & Laut Cina Selatan
  3. Sebelah Barat berbatasan dengan         : Laut Kuning
  4. Sebelah Timur berbatasan dengan        : Laut Jepang
  •    Iklim : Subtropis/sedang, dengan suhu pada musim panas mencapai 40°C dan pada musim dingin mencapai -10°C
  •    Gunung tertinggi : Hallasan (한라산) atau Gunung Halla (1.950 m)
  •    Sungai terpanjang : Sungai Nakdong (521 km)

2. Keadaan Sosial

Orang Korea Selatan menyebut rakyat mereka Hangukin (atau sederhananya 한인/ Han in untuk orang Korea Selatan yang tinggal di luar negeri) (한국인; 韓國人) atau Hanguk saram (한국 사람; 韓國 사람). Orang Korea dipercaya merupakan keturunan suku Bangsa Altaik  atau proto-Altaic yang masih berkaitan dengan orang Mongol, China, Jepang, Tungusik dan orang Turkik serta banyak suku dari Asia Tengah yang lain. Jumlah penduduk Korea Selatan jauh lebih banyak dibandingkan Korea Utara karena perbedaan luas yang cukup besar. Jumlah penduduk Korea Selatan adalah sekitar 48.289.037 jiwa (menurut statistika 2002) sedangkan jumlah penduduk Korea Utara adalah 22.224.195 jiwa (menurut statistika 2002). Hal ini menyebabkan perbedaan kebijakan penduduk di negara tersebut. Di Korea Utara, setiap keluarga dianjurkan untuk memiliki keluarga yang cukup besar (lebih kurang tiga orang anak tiap keluarga) sedangkan di Korea Selatan setiap keluarga diharus maksimal memiliki satu anak. Jumlah anak yang berlebihan di Korea Selatan akan dikenakan pajak yang sangat tinggi. Tingkat pertumbuhan penduduk Korea per tahun pada saat ini adalah 0,6% dan diperkirakan akan turun menjadi 0,06% pada tahun 2020.

  •   Jumlah penduduk        : 48.289.037 orang (2002)
  •   Suku Bangsa                : Tungusik
  •   Agama                         : Tidak beragama (atheis) , Buddha, Kristen, Shamanisme, Chondogyo, Kong hu chu, Tao,
  •   Bahasa nasional            : Bahasa Korea

3. Keadaan Ekonomi

Korea selatan bisa disebut sebagai salah satu Negara maju di wilayah Asia. Teknologi yang dipakai di Negara inipun terbilang modern. Maat pencaharian utama yang banyak digemari para pekerja di korea selatan saat ini adalah di bidang Jasa atau pelayanan.

  •   Haisl pertanian            : Beras, Gandum , Kacang kedelai, dan Kentang
  •   Hasil perternakan        : Sapi potong, sapi perah, Ayam, Babi
  •   Hasil pertambangan    : batubara, bijih besi, tembaga, timbel, seng, tungsten, emas, grafit, fosfat, perak, dan tembaga.
  •   Hasil Industri              : pengolahan makanan, tekstil, perikanan, mesin listrik, traktor dan sarana pertanian lain, semen, mesin pertambangan, mineral, kimia, mesin diesel, ban karet, sepatu, kertas, gelas, dan kayu lapis.
  •   Eksport Utama            : baja, produk pertanian, mineral, kimia, pakaian, kayu lapis, barang elektronik, dan tekstil. Impor Utama, antara lain bahan bakar.
  •   Pendapatan perkapita              : 19,890 USD

2. Jepang

Jepang (bahasa Jepang: 日本 Nippon/Nihon, nama resmi: Nipponkoku/Nihonkoku) adalah sebuah negara kepulauan di Asia Timur. Negara ini dikenal dengan sebutan Negara Matahari terbit. Data-data tentang Negara tersebut adalah :

  •   Bentuk Pemerintahan      : Kekaisaran
  •   Kepala Negara                 : Kaisar
  •   Kepala pemerintahan       : Perdana menteri
  •   Ibu kota                           : Tokyo
  •   Lagu kebangsaan             :  Kimigayo (君が代?)
  1. Kenampakan alam utama

Jepang terdiri dari 6.852 pulauyang membuatnya merupakan suatu kepulauan. Pulau-pulau utama dari utara ke selatan adalah Hokkaido, Honshu (pulau terbesar), Shikoku, dan Kyushu. Sekitar 97% wilayah daratan Jepang berada di keempat pulau terbesarnya. Sebagian besar pulau di Jepang bergunung-gunung, dan sebagian di antaranya merupakan gunung berapi. Gunung tertinggi di Jepang adalah Gunung Fuji yang merupakan sebuah gunung berapi. Penduduk Jepang berjumlah 128 juta orang, dan berada di peringkat ke-10 negara berpenduduk terbanyak di dunia. Tokyo secara de facto adalah ibu kota Jepang, dan berkedudukan sebagai sebuah prefektur. Tokyo Raya adalah sebutan untuk Tokyo dan beberapa kota yang berada di prefektur sekelilingnya. Sebagai daerah metropolitan terluas di dunia, Tokyo Raya berpenduduk lebih dari 30 juta orang. Gempa bumi berkekuatan rendah dan sesekali letusan gunung berapi sering dialami Jepang karena letaknya di atas Lingkaran Api Pasifik di pertemuan tiga lempeng tektonik.

  •   Letak Astronomi             : 30º LU-47º LU dan 128º BT-146º BT;
  •   Luas kepulauan                : 370.000 km2
  •   Batas-batas Negara          :
  • Utara                 : Laut Okhstosk
  • Selatan              : L. Cina timur
  • Timur                : Samudera Pasifik
  • Barat                 : Laut Jepang dan Selat Korea;

v  Iklim                                : Secara keseluruhan iklimnya yaitu muson laut sedang

v  Gunung tertinggi             : Gunung Fuji (富士山 Fuji-san) 3.776 m (12.388 kaki)

v  Sungai terpanjang            : sungai Shinano 367 Km

v  Dataran terluas di Jepang            : dataran Kanto

v  Pulau terbesar                  : Honshū (本州)

  1. Keadaan Sosial

Pada tahun 1998, jumlah penduduk Jepang adalah 126.400.000 jiwa. Pertumbuhan penduduk 0,3% dan kepadatannya adalah 326 jiwa per KM2. Penduduk Jepang termasuk Induk bangsa Mongoloid, suku bangsa aslinya adalah suku bangsa Aino yang tinggal di P. Hokkaido. Penduduk Jepang yang terpadat adalah di P. Honsu dan bagian utara P.Khyushu

v  Jumlah penduduk            : 127.417.244 jiwa (2005)

v  Agama                             : Sinto dan Budha

v  Bahasa resmi                    : Jepang

v  Mata uang                        : Yen

v  Suku bangsa/ etnis           : Bangsa Jepang atau orang Jepang (日本人 Nihonjin, Nipponjin)

  1. Keadaan ekonomi

Sejak periode Meiji (1868-1912), Jepang mulai menganut ekonomi pasar bebas dan mengadopsi kapitalisme model Inggris dan Amerika Serikat. Sistem pendidikan Barat diterapkan di Jepang, dan ribuan orang Jepang dikirim ke Amerika Serikat dan Eropa untuk belajar. Lebih dari 3.000 orang Eropa dan Amerika didatangkan sebagai tenaga pengajar di Jepang.[60] Pada awal periode Meiji, pemerintah membangun jalan kereta api, jalan raya, dan memulai reformasi kepemilikan tanah. Pemerintah membangun pabrik dan galangan kapal untuk dijual kepada swasta dengan harga murah. Sebagian dari perusahaan yang didirikan pada periode Meiji berkembang menjadi zaibatsu, dan beberapa di antaranya masih beroperasi hingga kini. Jepang adalah perekonomian terbesar nomor dua di dunia setelah Amerika Serikat, dengan PDB nominal sekitar AS$4,5 triliun.[

v  Hasil pertanian                 :  padi, kentang, jagung, gandum, kacang, kedelai, dan the

v  Haisl perternakan             : babi, ayam, telur, sapi dan susu.

v  Hasil perkebunan             : lobak, kubis, ketimun, tomat, wortel, bayam, dan selada, apel, dan Jeruk

v  Hasil perikanan                : sarden, cakalang, kepiting, udang, salem, cumi-cumi, kerang, tuna, saury, yellowtail, dan makerel.

v  Hasil pertambangan         : batu bara, emas, perak, perunggu, besi, dan seng

v  Hasil Industri                   : otomotif, elektronik konsumen (lihat industri elektronik konsumen Jepang), komputer, semikonduktor, besi, dan baja, petrokimia, farmasi, bioindustri, galangan kapal, dirgantara, tekstil, dan makanan.

v  Ekspor Utama                  : kopi robusta

v  Impor utama                    : mesin-mesin dan suku-cadang, produk plastik dan kimia, baja, perlengkapan listrik, suku-cadang elektronik, mesin alat transportasi dan suku-cadang mobil.

v  Pendapatan perkapita      : 42,150 dollar AS (2010)

  1. Singapura

Republik Singapura, adalah sebuah negara pulau di lepas ujung selatan Semenanjung Malaya. Nama Singapura berasal dari bahasa Melayu (Sanskrit सिंहपुर "Kota Singa"). Hari ini, Singapura kadang dijuluki sebagai Kota Singa. Studi sejarah membuktikan bahwa singa kemungkinan tidak pernah ada di pulau itu; makhluk yang dilihat oleh Sang Nila Utama, pendiri dan pemberi nama Singapura, bisa jadi seekor harimau. Berikut data-data tentang Negara ini :

v   Bentuk pemerintahan              : Republik

v  Kepala Negara                          : presiden

v  Kepala pemerinatahan              : perdana menteri

v  Ibu kota                                    : singapura

v  Lagu kebangsaan                      : Majulah Singapura

  1. Kenampakan Alam

Singapura adalah Negara kepulaan dengan luas hampir sama dengan kota Jakarta (664km). singapura perkependudukan sangat padat. Sebuah negara pulau di lepas ujung selatan Semenanjung Malaya, 137 kilometer (85 mil) di utara khatulistiwa di Asia Tenggara. Negara ini terpisah dari Malaysia oleh Selat Johor di utara, dan dari Kepulauan Riau, Indonesia oleh Selat Singapura di selatan.

v  Letak Astronomi                     : 1°15’ LU - 1°26’ LU dan 103° BT - 104°BT

v  Batas-batas Negara                 :

  • Utara                           : Malaysia
  • Selatan                        : P.Batam(Indonesia)
  • Barat                           : Selat Malaka
  • Timur                           : Selat Karimata

v  Luas wilayah                           : 697.1 km²

v  Iklim                                        : TRopik, suhu rata-rata 25°C

v  Gunung tertinggi                     : Bukit timah

  1. Keadaan social

Singapura merupakan salah satu Negara yang paling padat di dunia. Lahan untuk pemukiman sangat sempit. Delapan puluh lima persen (85%) penduduk singapura tinggal di rumah susun ( apartemen). Singapura memiliki sejarah imigrasi yang panjang. Penduduknya yang beragam berjumlah 5 juta jiwa, terdiri dari Cina, Melayu, India, berbagai keturunan Asia, dan Kaukasoid. 42% penduduk Singapura adalah orang asing yang bekerja dan menuntut ilmu di sana. Pekerja asing membentuk 50% dari sektor jasa. Negara ini adalah yang terpadat kedua di dunia setelah Monako. A.T. Kearney menyebut Singapura sebagai negara paling terglobalisasi di dunia dalam Indeks Globalisasi tahun 2006.

v  Suku bangsa                           : Cina, Melayu, India , Pakistan

v  Jumlah penduduk                   : 4,701,069 jiwa (2009)

v  Bahasa resmi                          : Inggris

v  Agama                                    : Budha , Kristen , Islam , Tao , dan Hindu

  1. Keadaan ekonomi

Singapura adalah pusat keuangan terdepan keempat di dunia dan sebuah kota dunia kosmopolitan yang memainkan peran penting dalam perdagangan dan keuangan internasional. Pelabuhan Singapura adalah satu dari lima pelabuhan tersibuk di dunia. Economist Intelligence Unit dalam "Indeks Kualitas Hidup" menempatkan Singapura pada peringkat satu kualitas hidup terbaik di Asia dan kesebelas di dunia. Singapura memiliki cadangan devisa terbesar kesembilan di dunia. Negara ini juga memiliki angkatan bersenjata yang maju.

v  Mata uang                               : Dollar Singapura

v  Hasil pertambangan                : tidak ada

v  Hasil pertanian                        : Buah-buahan, anggrek

v  Hasil Industri                          : Elektronik , Kimia , keuangan , dan perbankan , perumahan , pariwisata , perdagangan.

v  Ekspor Utama                         : Minyak , mesin indusri , radio & televise dan komponennya , komponen elektronik . pakaian , minuman ringan & rokok

v  Impor Utama                           : Minyak mentah , baja ,alumunium , mesin industry , generator listrik , dan komponen elektronik

v  Pendapatan perkapita              : 40,920 USD

  1. Republic Rakyat China

RRC merupakan Negara dengan jumlah penduduk nomor satu di bumi, karena luas wilayahnya yang sangat luas. RRC merupakan Republik Komunis yang beribukota di Beijing. Republik Rakyat Cina (RRC; Pinyin: Zhōnghuá Rénmín Gònghéguó; Hanzi tradisional: 中華人民共和國; Hanzi Sederhana: 中华人民共和国; juga disebut Republik Rakyat Tiongkok/RRT) adalah sebuah negara komunis yang terdiri dari hampir seluruh wilayah kebudayaan, sejarah, dan geografis yang dikenal sebagai Cina.

v  Bentuk pemerintahan              : Republik Komunis

v  Kepala negara                         : Ketua komite pengawas badan legislative

v  Kepala pemerintahan              : Perdana Menteri.

v  Ibu kota                                   : Beijing (北京)

v  Lagu kebangsaan                    : Yìyǒngjūn Jìnxíngqǔ (义勇军进行曲)

  1. Kenampakan bentang alam utama

.Dalam suatu pertikaian yang terus berlangsung, RRC menuntut hak memerintah atas Taiwan dan pulau-pulau sekitarnya yang tidak pernah dilepaskan oleh Republik Cina. Pemerintah RRC mendakwa bahwa Republik Cina merupakan suatu entitas yang tidak lagi wujud dan secara administratif meletakkan Taiwan sebagai provinsi ke-23 RRC.RRC mengklaim kedaulatan terhadap Taiwan namun tidak memerintahnya (hal yang sama juga berlaku terhadap Pescadores, Quemoy, dan Matsu). Status politik Taiwan merupakan hal yang kontroversial; Taiwan diperintah Republik Cina, yang kini berbasis di Taipei. Republik Cina mengklaim kedaulatan terhadap seluruh Cina daratan dan begitu juga dengan RRC.Cina Daratan merupakan istilah yang digunakan untuk merujuk kepada kawasan di bawah pemerintahan RRC dan tidak termasuk kawasan administrasi khusus Hong Kong dan Macau. Pemerintah RRC melihat pemerintahannya di Cina sebagai Tiongkok Baru (新中国) saat membandingkan dirinya dengan Cina sebelum tahun 1949. RRC juga dijuluki sebagai "Cina Merah" bagai kawasan yang sama, terutama oleh musuhnya di Barat, dengan merujuk kepada warna merah yang merupakan lambang komunis.

v  Letak astronomi                      : 18º LU-54º LU dan 73º BT-135º BT.

v  Luas wilayah                           : 9.600.000 km²

v  Batas wilayah                          :

  • Utara                        : Republik Rakyat Mongolia.
  • Selatan                     : Nepal, Bhutan, India, Myanmar, Laos, Vietnam.
  • Timur                        : L. Cina timur
  • Barat                        : Pakistan dan Afganistan.

v  Iklim                                        : Sub Tropis

v  Gunung tertinggi                     : Mount Huang (Provinsi Anhui)

v  Sungai terpanjang                   : Sungai Panjang atau Sungai Yangtze (Hanzi: 長江, hanyu pinyin: Changjiang, bahasa Inggris: Long River, Yangtze River)

  1. Keadaan social

RRC adalah negara dengan penduduk terbanyak di dunia, dengan populasi melebihi 1,3 miliar jiwa, yang mayoritas merupakan bersuku bangsa Han. RRC juga adalah negara terbesar di Asia Timur, dan ketiga terluas di dunia, setelah Rusia dan Kanada. RRC berbatasan dengan 14 negara: Afganistan, Bhutan, Myanmar, India, Kazakhstan, Kirgizia, Korea Utara, Laos, Mongolia, Nepal, Pakistan, Rusia, Tajikistan dan Vietnam. Secara resmi RRC memandang dirinya sendiri sebagai bangsa multi-etnis dengan 56 etnisitas yang diakui. Mayoritas etnis Han menyusun hampir 93% populasi; bagaimanapun merupakan mayoritas dalam hanya hampir setengah daerah Cina. Penduduk bangsa Han sendiri heterogen, dan bisa dianggap sebagai kumpulan pelbagai etnik yang mengamalkan budaya dan bercakap bahasa yang sama. Kebanyakan suku Han bertutur macam-macam bahasa Cina yang diucapkan, yang bisa dilihat sebagai 1 bahasa atau keluarga bahasa. Subdivisi terbesar bahasa Cina yang diucapkan ialah bahasa Mandarin, dengan lebih banyak pembicara daripada bahasa lainnya di dunia. Versi standar Mandarin yang didasarkan pada dialek Beijing, dikenal sebagai Putonghua, diajarkan di sekolah dan digunakan sebagai bahasa resmi di seluruh negara.

v  Jumlah penduduk              : 1,335,705,906 jiwa (2009)

v  Suku bangsa                      : Han

v  Bahasa                               : Mandarin (Tradisional: 北方話, Sederhana: 北方话, Hanyu Pinyin: Běifānghuà, harafiah: "bahasa percakapan Utara" atau 北方方言 Hanyu Pinyin: Běifāng Fāngyán, harafiah: "dialek Utara")

v  Agama                               : Mayoritas Kong Hu Chu, sisanya Tao, Budha, dan Islam.

  1. Keadaan ekonomi

Republik Rakyat Cina mencirikan ekonominya sebagai Sosialisme dengan ciri Cina. Sejak akhir 1978, kepemimpinan Cina telah memperharui ekonomi dari ekonomi terencana Soviet ke ekonomi yang berorientasi-pasar tapi masih dalam kerangka kerja politik yang kaku dari Partai Komunis. Untuk itu para pejabat meningkatkan kekuasaan pejabat lokal dan memasang manajer dalam industri, mengijinkan perusahaan skala-kecil dalam jasa dan produksi ringan, dan membuka ekonomi terhadap perdagangan asing dan investasi. Kearah ini pemerintah mengganti ke sistem pertanggungjawaban para keluaga dalam pertanian dalam penggantian sistem lama yang berdasarkan penggabunggan, menambah kuasa pegawai setempat dan pengurus kilang dalam industri, dan membolehkan berbagai usahawan dalam layanan dan perkilangan ringan, dan membuka ekonomi pada perdagangan dan pelabuhan asing. Pengawasan harga juga telah dilonggarkan. Ini mengakibatkan Cina daratan berubah dari ekonomi terpimpin menjadi ekonomi campuran.

v  Mata uang                         : Yuan (人民币)

v  Hasil pertanian                  : Beras, gandum, jagung, barley, dan millet

v  Ekspor utama                    : Mesin-mesin, barang elektronika, dan alat pertanian.

v  Impor Utama                     : Kopi, semen, kayu, tembaga, dan timah

v  Pendapatan perkapita        : 4,260 USD

  1. Thailand ( Muangthai )

Kerajaan Thai (nama resmi bahasa Thai: ราชอาณาจักรไทย Ratcha Anachak Thai; atau Prathēt Thai), yang lebih sering disebut Thailand dalam bahasa Inggris, atau dalam bahasa aslinya Mueang Thai (dibaca: "meng-thai", sama dengan versi Inggrisnya, berarti "Negeri Thai"), adalah sebuah negara di Asia Tenggara yang berbatasan dengan Laos dan Kamboja di timur, Malaysia dan Teluk Siam di selatan, dan Myanmar dan Laut Andaman di barat. Kerajaan Thai dahulu dikenal sebagai Siam sampai tanggal 11 Mei 1949. Kata "Thai" (ไทย) berarti "kebebasan" dalam bahasa Thai, namun juga dapat merujuk kepada suku Thai, sehingga menyebabkan nama Siam masih digunakan di kalangan warga negara Thai terutama kaum minoritas Tionghoa.

v  Bentuk pemerintahan              : Kerajaaan

v  Kepala Negara                        : Raja

v  Kepala Pemerintahan              : Perdana Menteri

v  Ibu kota                                   : Bangkok

v  Lagu kebangsaan                    : pleng chard

  1. Kenampakan alam utama

Kerajaan Thai merupakan tempat terletaknya beberapa wilayah geografis yang berbeda. Di sebelah utara, keadaannya bergunung-gunung, dan titik tertingginya berada di Doi Inthanon (2.576 m). Sebelah timur laut terdiri dari Hamparan Khorat, yang dibatasi di timur oleh sungai Mekong. Wilayah tengah negara didominasi lembah sungai Chao Phraya yang hampir seluruhnya datar, dan mengalir ke Teluk Thailand. Di sebelah selatan terdapat Tanah Genting Kra yang melebar ke Semenanjung Melayu.Cuaca setempat adalah tropis dan bercirikan monsun. Ada monsun hujan, hangat dan berawan dari sebelah barat daya antara pertengahan Mei dan September, serta monsun yang kering dan sejuk dari sebelah timur laut dari November hingga pertengahan Maret. Tanah genting di sebelah selatan selalu panas dan lembap. Kota-kota besar selain ibu kota Bangkok termasuk Nakhon Ratchasima, Nakhon Sawan, Chiang Mai, dan Songkhla.

v  Letak astronomi          : 5°-21° LU dan 97°-106° BT

v  Luas wilayah               : 513.998 km²

v  Batas –batas wilyah    :

  • Utara               : Laos dan Myanmar
  • Selatan                        : Malaysia dan Teluk Siam
  • Barat               : Myanmar dan Laut Timur
  • Timur               : Laos dan Kamboja

v  Iklim                            : Tropik

v  Gunung tertinggi         : Doi Inthanon ( 2576m)

v  Sungai terpanjang       : Sungai Chao Phraya (372m)

  1. Keadaan social

Populasi Kerajaan Thai didominasi etnis Thai dan etnis Lao, yang berjumlah 3/4 dari seluruh penduduk. Selain itu juga terdapat komunitas besar etnis Tionghoa yang secara sejarah memegang peranan yang besar dalam bidang ekonomi. Etnis lainnya termasuk etnis Melayu di selatan, Mon, Khmer dan berbagai suku orang bukit.Sekitar 95% penduduk Kerajaan Thai adalah pemeluk agama Buddha aliran Theravada, namun ada minoritas kecil pemeluk agama Islam, Kristen dan Hindu. Bahasa Thai merupakan bahasa nasional Kerajaan Thai, yang ditulis menggunakan aksaranya sendiri, tetapi ada banyak juga bahasa daerah lainnya. Bahasa Inggris juga diajarkan secara luas di sekolah.

v  Jumlah penduduk        : 67,089,500 jiwa (2009)

v  Suku bangsa                : Thai (asli), china , melayu

v  Bahasa                         : Thai (resmi), China, Inggris

v  Agama                         : Budha (resmi), Islam, Kristen

  1. Keadaan ekonomi

Setelah menikmati rata-rata pertumbuhan tertinggi di dunia dari tahun 1985 hingga 1995 - rata-rata 9% per tahun - tekanan spekulatif yang meningkat terhadap mata uang Kerajaan Thai, Baht, pada tahun 1997 menyebabkan terjadinya krisis yang membuka kelemahan sektor keuangan dan memaksa pemerintah untuk mengambangkan Baht. Setelah sekian lama dipatok pada nilai 25 Baht untuk satu dolar AS, Baht mencapai titik terendahnya pada kisaran 56 Baht pada Januari 1998 dan ekonominya melemah sebesar 10,2% pada tahun yang sama. Krisis ini kemudian meluas ke krisis finansial Asia.Kerajaan Thai memasuki babak pemulihan pada tahun 1999; ekonominya menguat 4,2% dan tumbuh 4,4% pada tahun 2000, kebanyakan merupakan hasil dari ekspor yang kuat - yang meningkat sekitar 20% pada tahun 2000. Pertumbuhan sempat diperlambat ekonomi dunia yang melunak pada tahun 2001, namun kembali menguat pada tahun-tahun berikut berkat pertumbuhan yang kuat di RRC dan beberapa program stimulan dalam negeri serta Kebijakan Dua Jalur yang ditempuh pemerintah Thaksin Shinawatra. Pertumbuhan pada tahun 2003 diperkirakan mencapai 6,3%, dan diperkirakan pada 8% dan 10% pada tahun 2004 dan 2005.Sektor pariwisata menyumbang banyak kepada ekonomi Kerajaan Thai, dan industri ini memperoleh keuntungan tambahan dari melemahnya Baht dan stabilitas Kerajaan Thai. Kedatangan wisatawan pada tahun 2002 (10,9 juta) mencerminkan kenaikan sebesar 7,3% dari tahun sebelumnya (10,1 juta).

v  Mata uang                         : Bath

v  Hasil pertanian                  : beras, karet, jagung, tapioca,gula, rami dan kelapa

v  Hasil pertambangan          :Antimonium, timah, besi, mangan

v  Hasil Industri                    : Elektronik, berlian, pakaian,dan tekstil

v  Ekspor Utama                   : tekstil, computer dan komponennya, integrated circuit, berlian, pakaian

v  Impor Utama                     : Mesi Industri, baja, alat-alat listrik, suku cadang kendaraan

v  Pendapatan perkapita        : 4,210 USD (2010)

BENUA AUSTRALIA

AUSTRALIA

Australia, resminya Persemakmuran Australia, adalah sebuah negara di belahan selatan yang terdiri dari daratan utama benua Australia, Pulau Tasmania, dan berbagai pulau kecil di Samudra Hindia dan Samudra Pasifik. Australia berasal dari kata australis yang dalam bahasa Latin berarti selatan. Negara ini dalam ragam percakapan sering disebut sebagai Oz sejak awal abad ke-20.[C 5] Aussie adalah istilah percakapan bagi “orang/bangsa Australia”.

v  Bentuk pemerintahan        : sistem parlementer

v  Kepala Negara                  : Ratu Australia

v  Kepala pemerinatahan       : perdana menteri

v  Ibu kota                             : Canberra

v  Lagu kebangsaan              : “Advance Australia Fair”

  1. Kenampakan alam utama

Meskipun sebagian besar Australia tidak begitu subur atau bahkan berupa gurun, Australia memiliki aneka ragam habitat dari mulai padang rumput beriklim alpen hingga ke hutan hujan tropika, dan diakui sebagai negara megadiversitas. Karena umur benua yang tua, pola cuaca yang sangat variatif, dan keterpencilan geografis, sebagian besar biota Australia adalah unik dan beraneka ragam. Kira-kira 85% tumbuhan berbunga, 84% mamalia, lebih daripada 45% burung, dan 89% di dekat pantai, ikan zona iklim sedang endemik.[150] Australia memiliki sejumlah besar reptil negara lain, sebanyak 755 spesies.

v  Letak astronomi               : 113 BT- 155 BT dan 10 LS – 43 LS

v  Luas wilayah                   : 7.686.850 km²

v  Iklim                                : tropis (utara) dan Sedang (selatan)

v  Batas-batas Negara          :

  • Barat         : Samudra Hindia (Samudra Indonesia)
  • Timur         : Samudra Pasifik
  • Utara         : Laut Timor dan Laut Arafuru
  • Selatan      : Samudra Hindia

v  Gunung tertinggi               : Gunung Kosciuszko

v  Sungai terpanjang             : Sungai Darling (2700 km)

  1. Keadaan social

Sebagian besar dari 22 juta penduduk terduga Australia adalah keturunan dari pemukim zaman kolonial dan imigran pasca-Federasi dari Eropa, dengan hampir 90% populasi adalah keturunan Eropa. Beberapa generasi, sebagian besar imigran berasal dari Kepulauan Britania, dan orang Australia utamanya adalah keturunan Inggris atau Irlandia. Dalam Sensus Australia 2006, moyang yang paling banyak adalah orang Australia (37,13%), diikuti oleh Inggris (32%), Irlandia (9%), Skotlandia (8%), Italia (4%), Jerman (4%), Cina (3%), dan Yunani (2%). Penduduk asli Australia mengalami jumlah yang lebih besar daripada angka rerata narapidana dan pengangguran, tingkatan pendidikan yang rendah, dan angka harapan hidup pria dan wanita berumur 11–17 tahun adalah lebih rendah daripada mereka yang bukan penduduk asli Australia.Beberapa komunitas asli yang terpencil digambarkan sebagai kondisi yang serupa dengan “negara gagal”.

v  Jumlah penduduk              :

v  Suku bangsa                      : Aborigin

v  Bahasa                               : Inggris

v  Agama                               : Kristen, Katolik Roma, Komuni Anglikan, “ireligius” (termasuk humanisme, ateisme, agnostisisme, dan rasionalisme).

  1. Keadaan ekonomi

Australia menganut sistem ekonomi pasar dengan PDB per kapita yang tinggi dan angka kemiskinan yang rendah. Dolar Australia adalah satuan mata uang negara ini, termasuk pula Pulau Natal, Kepulauan Cocos (Keeling), dan Pulau Norfolk, juga negara-negara kepulauan Pasifik yang merdeka, yakni Kiribati, Nauru, dan Tuvalu. Setelah penggabungan Australian Stock Exchange dan Sydney Futures Exchange pada tahun 2006, kini Bursa Efek Australia menjadi bursa saham terbesar ke-9 di dunia. Australia adalah ekonomi terbesar ke-13 di dunia dan memiliki PDB per kapita terbesar ke-9 di dunia; lebih tinggi daripada Britania Raya, Jerman, Perancis, Kanada, Jepang, dan Amerika Serikat. Negara ini menduduki peringkat kedua dalam hal Indeks Pembangunan Manusia PBB Tahun 2010 dan menduduki peringkat pertama dalam hal Indeks Kemakmuran yang diterbitkan oleh Legatum pada Tahun 2008.

v  Mata uang                         : Dolar Australia (AUD)

v  Hasil pertanian                  : padi, gandum, tebu, dan kapas

v  Hasil perternakan              : Sapi dan Domba

v  Ekspor utama                    : wol, daging, dan bahan makanan lain serta mineral, makanan olahan, mobil dan perahu

v  Impor Utama                     : Hasil pertanian,kehutanan, perikanan, hasil-hasil tambang, barang hasil pabrik.

v  Pendapatan perkapita        : 43,740 USD (2009)

v

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s